Sebagai seorang muslim tentu salah satu impian mulia terbesar kita adalah mengunjungi Tanah Haram, baik untuk menunaikan ibadah Umroh maupun menyempurnakan Rukun Islam ke lima yaitu menunaikan Ibadah Haji. Namun rupanya masih banyak diantara kita yang masih sangat asing dengan alasan dibalik penyebutan Tanah Haram ini.


Di Kerajaan Saudi Arabia tidak semua wilayahnya dapat dengan bebas dikunjungi oleh seluruh wisatawan dari seluruh penjuru dunia. Ada beberapa tempat yang khusus hanya bisa di kunjungi oleh mereka yang beragama Islam. Wilayah ini lah yang disebut Tanah Haram. Tanah Haram ini terlarang untuk dikunjungi oleh umat agama lain. Di Saudi ada batas batas wilayah yang ditetapkan untuk menandai daerah mana saja kah yang hanya boleh dimasuki oleh kaum muslimin, daerah mana sajakah yang boleh dikunjungi oleh kaum agama lain.


Selain itu hal ini juga lah yang menjadikan salah satu alasan kenapa Pesawat Terbang dilarang melewati area Ka'bah, hal ini dikarenakan Ka'bah termasuk dalam Tanah Haram, sedangkan penumpang pesawat acap kali berisikan masyarakat umum dari berbagai latar belakang agama.


Maka dari itu area tanah ini disebut dengan istilah Tanah Haram, karena Haram bagi umat agama selain Islam untuk memasuki wilayah ini. Dengan ditetapkannya Tanah Haram bagi Umat Muslim ini menjadikan 2 Kota Suci di Saudi ini menjadi sangat nyaman dan aman untuk Umat Muslim dalam beribadah. Sejauh mata memandang di Tanah Haram tidak dijumpai wanita yang membuka aurat, tidak dijumpai pemuda yang bermabuk mabukan, makanan dan minuman yang tersedia pun 100% halal, saat waktu shalat tiba seisi warga 2 kota suci ini pun serempak menuju masjid untuk menunaikan Shalat, dan karena 100% Muslim penduduk nya, membuat kita sangat bersemangat dalam beribadah.


Jadi bagaimana? sudah tertarik untuk mengunjungi Tanah Haram? Jika Anda mulai tergerak hatinya untuk mengunjungi Tanah Haram, silahkan hubungi Nakhla Tour untuk merencanakan perjalanan Ibadah Umroh Anda bersama kami yaa!